hit counter


Rabu, 19 November 2014

4 Hal Penyebab Cedera Otot Saat di Gym

4 Hal Penyebab Cedera Otot Saat di Gym 

4 Hal Penyebab Cedera Otot Saat di Gym
I
Cedera otot adalah hal yang seringkali dianggap lumrah oleh mereka yang berolahraga. Namun faktanya, mereka yang berolahraga di tempat fitness atau gym justru lebih banyak mengalami cedera otot.
Salah satu faktor penyebabnya adalah ketidaktahuan dalam mempergunakan alat yang ada di tempat fitness.

Dikutip dari Best Health Magazine, inilah beberapa cara mengatasi agar cedera otot tidak menghampiri saat berolahraga di gym.

Terlalu banyak mengentak. Entah kenapa mereka yang berolahraga di gym biasanya memiliki semangat yang tinggi dalam hal melakukan gerakan. Tak jarang terlihat orang-orang mengangkat barbel atau melakukan gerakan sit-up sambil mengentakkan bagian tubuh yang digunakan. Padahal, gerakan mengentak ini tidak memberikan efek yang baik bagi perkembangan otot, malah justru berpotensi mengakibatkan cedera. Lakukan dengan normal, rasakan setiap otot yang digunakan.

Terburu-buru. Selesai dengan satu alat, langsung menggunakan alat lain. Pemandangan ini kerap terlihat di gym. Padahal, otot membutuhkan waktu minimal satu menit untuk beristirahat sebelum dipergunakan kembali. Serat otot memerlukan gerakan yang lambat agar bisa berkembang. Jadi, kenapa harus terburu-buru?

Salah gerakan saat sit-up. Jangan menaruh tangan Anda di belakang leher dan membuat gerakan menarik leher dari posisi tidur ke posisi bangun saat melakukan sit-up. Ini akan membuat leher Anda cedera. Psst... terkadang saat peregangan atau pemanasan, leher juga terlupakan, lho. 

Melewatkan pemanasan dan peregangan. Kegiatan ini seringkali dilewatkan saat di gym. Salah satu faktor pemicunya adalah dorongan untuk segera memgunakan alat karena  termotivasi oleh orang-orang yang sedang berlatih. Banyak juga orang datang ke gym hanya sekadar untuk memperlihatkan keindahan tubuh mereka ketimbang untuk berolahraga. 
Add to Cart

0 komentar:

Posting Komentar