hit counter


Kamis, 20 November 2014

Ayo, Sambut Saving Bond Retail Indonesia

Ayo, Sambut Saving Bond Retail Indonesia 

Ayo, Sambut Saving Bond Retail Indonesia

Tak banyak investasi yang bisa memberikan hasil sebesar 8,75 persen, dan dijamin pula. Namun itulah yang akan ditawarkan pemerintah Republik Indonesia.

Lewat Kementerian Keuangan, pemerintah akan menerbitkan saving bond retail atau SBR seri 001 atau SBR001, pada 2 hingga 22 Mei 2014. SBR001 yang jatuh tempo pada 20 Mei 2016 atau berjangka waktu dua tahun tersebut dapat dipesan dengan kisaran harga antara lima juta rupiah hingga lima miliar rupiah. 

Angka 8,75 persen tersebut merupakan tingkat kupon yang dijamin oleh pemerintah selama tiga bulan pertama, dan selanjutnyafloating atau mengambang mengikutirate Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Walau demikian, angka 8,75 persen tersebut merupakan bottom line. Artinya, sekalipun floating, tingkat kupon yang diberikan kepada pemegang SBR001 tidak akan berada di bawah angka 8,75 persen. Penyesuaian tingkat kupon akan dilakukan setiap tiga bulan sekali.

Walau demikian, berbeda dengan obligasi ritel ndonesia atau ORI dan sukuk ritel Indonesia alias SRI yang bisa dipindahtangankan atau diperjualbelikan, SBR harus dipegang sampai jangka waktu berakhir alias non transferable

Saving bond sendiri merupakan instrumen investasi jangka panjang. Hal itu karena keuntungan yang didapat oleh investor berasal dari tingkat kupon atau yield, bukan dari selisih jual beli atau capital gain.

Bila Anda tertarik memiliki SBR001, siapkan KTP, dana, dan isi formulir di agen penjual yang terdiri dari 18 bank nasional dan asing yang sudah ditunjuk, serta perusahaan sekuritas.
Add to Cart

0 komentar:

Posting Komentar