hit counter


Rabu, 19 November 2014

Cara Zappos Berbisnis

Cara Zappos Berbisnis 

Cara Zappos Berbisnis

Tony Hsieh, CEO Zappos (www.zappos.com), perusahaan yang memulai usaha dengan menjadi penjual sepatu online, memiliki cara sendiri untuk membuat karyawannya betah bekerja. Ia berhasil mewujudkan apa yang ia sebut “pekerjaan yang menyenangkan.”

Hsieh paham betul jika karyawan merupakan aset terbesar untuk bisnisnya. Karena itu ia tak main-main dalam melayani kebutuhan pelayannya. Untuk itu ia membuat budaya kerja di lingkungan perusahaannya menjadi “dunia yang menyenangkan”.

Konsep itu ia tuangkan dalam beberapa poin berikut:

Mencari nilai positif di dalam diri.Menurut Hsieh, untuk menemukan sebuah nilai di lingkungan bisnis yang sedang Anda jalankan adalah dengan terlebih dulu mencari nilai positif di dalam diri Anda sendiri. Setelah menemukan nilai positif tersebut, carilah hal-hal negatif yang pernah terjadi dalam hidup Anda. Gali kembali apa yang membuat hal itu menjadi negatif. Setelah itu jadikan nilai positif dan negatiftersebut sebagai pembelajaran dalam menjalankan bisnis Anda.

Cari karyawan yang mengerti visi bisnis Anda. Jika Anda sedang merekrut karyawan, tanyakan bagaiaman calon karyawan itu bisa menjabarkan visi bisnis Anda. karyawan yang bisa memahami visi bisnis Anda akan lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan pekerjaan dalam menjalankan bisnis Anda.

Mengakrabkan karyawan. Zappos memiliki cara unik dalam merekatkan kedekatan karyawannya. Setipa pagi mereka menjalankan Face Games. Caranya, setiap pagi akan muncul sebuah foto di layar komputer masing-masing karyawan. Foto tersebut merupakan foto dari karyawan yang bekerja di perusahaan tersebut. Kemudian setiap karyawan diminta untuk menebak nama dari foto karyawan tersebut. Dengan cara ini masing-masing karyawan jadi lebih mengenal satu sama lain.
Add to Cart

0 komentar:

Posting Komentar