hit counter


Minggu, 30 November 2014

Jalan Kreatif Menuju Sukses

Jalan Kreatif Menuju Sukses 

Jalan Kreatif Menuju Sukses
Image by : Stockvault
Dalam berbisnis, modal besar saja belum cukup. Ada faktor-faktor lain yang juga harus dimiliki agar bisnis tersebut langgeng dan terus menghasilkan untung.

Salah satu faktor penunjang itu, menurut Rhenald Kasali, pakar manajemen, adalah memiliki ide, mengembangkannya dan menjaganya. “Karena itu, seorang pebisnis dituntut untuk bisa menciptakan ide-ide segar dan kreatif,” kata Rhenald di hadapan peserta seminar Pesta Wirausaha 2013.

Untuk memiliki ide segar dan kreatif, seorang pebisnis tidak bisa hanya diam di dalam rumah atau kantornya dan sibuk mengurusi bisnisnya. “Mereka harus bertemu dengan orang-orang kreatif juga,” ujar Rhenald.  Selain itu, pebisnis juga harus benar-benar menikmati proses berpikir kreatif. “Jangan terbelenggu dengan aturan atau hal-hal lain yang hanya mempersempit pikiran,” katanya.

Ide kreatif tersebut selanjutnya menjadi modal dasar untuk mengembangkan bisnis. Karena itu, kata Rhenald, sangat disarankan jika ingin memulai bisnis, lebih baik dengan memilih bisnis sesuai dengan kemampuan dan potensi yang dimiliki. “Banyak pebisnis besar yang memulai bisnis mereka dari hobi,” tutur Rhenald. Bagi pebisnis, hobi dipandang sebagai potensi.

Setelah menemukan pilihan bisnis, langkah selanjutnya adalah dengan memberikan sentuhan ruh atau jiwa kepada bisnis tersebut. Caranya, dengan tulus menjalankan bisnis itu dan menjadikannya kesenangan.

“Bisnis juga harus dijalankan dengan sabar dan kontinyu, karena jalan menuju sukses tidak ada yang pintas,” jelas Rhenald.
Add to Cart

0 komentar:

Posting Komentar