hit counter


Kamis, 27 November 2014

4 Tip Modal Bisnis Tak Jebol

4 Tip Modal Bisnis Tak Jebol 

4 Tip Modal Bisnis Tak Jebol
Image by : Fotosearch
Salah satu elemen penting dalam bisnis adalah memiliki arus pengeluaran dan pemasukan yang seimbang. Karena itu, dibutuhkan cost control atau pengendalian biaya.

Cost control sangat penting untuk mengetahui “kesehatan” keuangan bisnis Anda. Semakin tinggi angka pemasukan dibandingkan angka pengeluaran, menunjukkan bahwa bisnis Anda untung. Jika semakin rendah angka pemasukan dibandingkan angka pengeluaran, indikasi bisnis Anda dalam tahap kebangkrutan.

Dengan memiliki catatan khusus mengenai arus keuangan, Anda bisa mengontrol laju keuangan bisnis Anda. Berikut ini adalah beberapa cara sederhana untuk mengontrol keuangan.

Rencanakan semua pengeluaran.
Anda harus memiliki estimasi bujet untuk pengeluaran-pengeluaran yang pasti. Misal, biaya listrik bulanan, biaya telepon bulanan, biaya gaji karyawan, biaya pembelian materi atau bahan produk yang Anda jual dan lain-lain.

Selalu evaluasi
Setelah rencana anggaran pengeluaran ada, maka berikutnya adalah mengevaluasi pengeluaran tersebut secara rutin. Misal, setiap tiga bulan sekali. Anda bisa mengetahui kemungkinan pembengkakan biaya atau tidak.

Mencari alternatif lain.

Setelah mengetahui hasil evaluasi, maka saatnya memperbaiki diri. Pangkas biaya yang dirasa tidak perlu, atau coba cari sumber lain sebagai alternatif untuk kebutuhan produksi bisnis Anda, dan sesuaikan dengan modal yang Anda miliki.

Investasi, jika perlu.
Jangan terburu-buru membelanjakan barang yang Anda anggap sebagai investasi. Biasanya berupa barang-barang untuk keperluan produksi. Pelajari dahulu apakah barang tersebut memang sudah sangat Anda butuhkan untuk bisnis Anda?

Selamat mengontrol biaya bisnis!
Add to Cart

0 komentar:

Posting Komentar