hit counter


Jumat, 21 November 2014

Kartu Kredit Bakal Semakin Aman

Kartu Kredit Bakal Semakin Aman 

Kartu Kredit Bakal Semakin Aman
Image by : Istimewa
Untuk meningkatkan keamanan transaksi kartu kredit Bank Indonesia (BI) mewajibkan diterapkannya penggunaan Personal Identification Number (PIN) 6 Digit. Aturan ini akan berlaku mulai 1 Januari 2015.
Dengan penerapan PIN 6 Digit tersebut, pemilik kartu kredit tidak boleh lagi menggunakan tandatangan sebagai sarana verifikasi dan autentikasi transaksi ketika digunakan di merchant di Indonesia. Kecuali bila transaksi dilakukan dengan menggunakan kartu kredit dari penerbit luar negeri, atau transaksi di negara lain yang masih menerapkan verifikasi dan autentikasi dengan tandatangan.

Menurut BI, penggunaan PIN lebih aman daripada tandatangan, mengingat PIN adalah angka rahasia yang hanya diketahui pemiliknya. Pengguna kartu tidak boleh memberitahu PIN-nya kepada pihak lain. Berbeda dengan tanda tangan yang diterakan di bagian belakang kartu kredit, sehingga rentan untuk ditiru. Selain itu, transaksi menggunakan PIN telah terenkripsi dan transaksi dilakukan secara real time.

Penerapan ketentuan ini merupakan langkah BI untuk memperkuat perlindungan bagi konsumen kartu kredit melalui peningkatan keamanan kartu serta penguatan manajemen risiko. Plus, dengan implementasi PIN 6 digit ini BI dapat pula mengimplementasikan pembatasan kepemilikan kartu kredit berdasarkan usia dan pendapatan, yang juga harus diterapkan seluruh penyelenggara dan pengguna Kartu Kredit selambatnya 31 Desember 2014.

Metode yang diterapkan penerbit kartu kredit dalam mengaktifkan PIN 6 Digit dapat bermacam-macam. Pemilik kartu kredit dari Bank Mandiri, misalnya, akan mendapatkan surat berisi informasi PIN 6 Digit dari pihak bank. PIN tersebut dapat langsung digunakan dan dihapalkan pemilik kartu kredit. Namun, kalau kurang nyaman pemilik kartu kedit dapat menggantinya lewat layanan ATM PIN. 

Jadi, kalau sampai saat ini belum diberitahu mengenai prosedur PIN 6 digit tersebut oleh penerbit kartu kredit Anda, langsung kontak ke layanan pelanggan. Jangan tunda-tunda sampai tahun depan, karena dijamin pada saat itu kartu kredit Anda tidak bakal bisa digunakan. 
Add to Cart

0 komentar:

Posting Komentar