hit counter


Jumat, 21 November 2014

Jadi Single itu Simple!

Jadi Single itu Simple! 

Jadi Single itu Simple!
Image by : Fotosearch
Menjadi single bagi beberapa orang mungkin sekedar kondisi sementara yang sedang terjadi saat ini. Namun bagi beberapa orang lain, single bisa jadi adalah keputusan yang secara sadar diambil.
Walau hidup seorang diri, ternyata dalam hal keuangan seorang yang single memiliki kelebihan dan juga kekurangan yang harus mereka waspadai. 

“Tidak adanya tanggung jawab, hanya memikirkan diri sendiri dan gaya hidup tinggi adalah sisi negatif yang harus mereka jalani karena menjadi single,” jelas Eko Endarto, koki duit dari Finansia Consulting. “Maklum saja, mereka terbiasa bebas menentukan penggunaan penghasilan mereka, dan tidak adanya tanggungan menjadikan status sebagai single sangat dekat dengan kesan negatif di atas.” 

Menurt Eko, dengan menjadi single sebenarnya sederhana saja, saat membicarakan keuangan mereka harus tahu bahwa diri mereka adalah asset yang sangat berharga; tidak ada bedanya dengan asset lainnya. Karenanya, sebagai single dalam mengelola keuangan mereka harus berpikiran SIMPLE

Sesuaikan
“Keluarkan uang sesuai dengan kebutuhan yang harus menjadi prioritas,” kata Eko. “Dari sisi keuangan, selain memikirkan masa kini, si single harus siap dengan masa depan. Memiliki utang tidak masalah, tapi bila utang sudah terlalu besar, tidak pandang Anda single apalagi non single, tetap saja bahaya besar.” 
  
IMpikan
Karena statusnya tanpa ada orang lain yang mempengaruhi, si single kadang menjalani hidup tanpa memikirkan apa yang akan diraih. “Untuk itu miliki impian, dan jadikan impian itu sebagai tujuan,” tegas Eko. “Sehingga dalam keuangan mereka memiliki target yang akan diraih.” 

Menjadi single, menurut Eko bukan berarti tidak boleh punya mimpi. Malahan bila bisa dikelola, maka mimpi seorang single lebih nyaman karena tidak “dikotori” oleh mimpi orang lain. 

Play it Safe
It’s my life… Apapun yang saya lakukan, semua akan jadi risiko saya sendiri. Mungkin itu yang ada di benak seorang berstatus single.  Masalahnya, menurut Eko, risiko memang akan dialami oleh kita, tetapi dampaknya bisa mempengaruhi orang lain. 

“Dalam bertindak di sektor keuangan, pikirkan orang yang akan menjadi dampak dari risiko yang Anda alami” papar Eko. “Jadi boleh saja bermain dengan risiko, tapi tetap keep it safe sehingga tidak mengganggu keuangan orang lain.” 

LEt’s Start
Pada akhirnya, keberhasilan akan terjadi bila kita memulai dan konsisten menjalankannya. “Tidak perlu tunggu saat penghasilan besar atau dalam jumlah tertentu, mulailah sekarang juga,” papar Eko. “Keluarkan uang dengan bijak, disesuaikan dengan kebutuhan. Lalu miliki impian untuk masa depan dan bertanggung jawab dengan berusaha selalu meminimalisir risiko.
Add to Cart

0 komentar:

Posting Komentar