hit counter


Senin, 01 Desember 2014

Layanan Perbankan di Ponsel Pintar

Layanan Perbankan di Ponsel Pintar  

Layanan Perbankan di Ponsel Pintar
Image by : Istimewa
Data dari Society for Consumer Research GFK menunjukkan bahwa Indonesia adalah negara dengan tingkat pertumbuhan penjualan ponsel pintar alias smartphone tertinggi di Asia Tenggara, yaitu mencapai 70% dalam jangka waktu 12 bulan terakhir. Maka tidak heran bila hal tersebut menjadi peluang yang menggiurkan berbagai bagi pihak untuk menawarkan layanan berbasis teknologi informasi ini kepada masyarakat Indonesia.

Dari pihak perbankan, salah satu yang baru-baru ini mengambil peluang tersebut adalah PT Bank Danamon Indonesia, Tbk., dengan meluncurkan aplikasi mobile banking bernama D-Mobile (Danamon Mobile Banking).

Selain dapat melakukan transaksi perbankan seperti transfer dana, informasi saldo, isi ulang pulsa, dan pembayaran tagihan, D-Mobile juga menghadirkan inovasi baru yaitu fitur SosMed D-Cash dan Augmented Reality.

Fitur SosMed D-Cash – yang pertama kali hadir di Indonesia – membuat seorang pengguna D-Mobile dapat mengirimkan dana kepada teman melalui jaringan media sosial Facebook. Setelah menerima passcode rahasia, penerima dapat mengambil dana di ATM Danamon yang memiliki tanda layanan D-Cash.

Semakin praktis karena penerima dana tidak perlu memiliki rekening Danamon atau rekening perbankan lainnya. Cukup dengan mengakses fitur Collect Money pada D-Mobile dengan memasukkan ID Facebook dan sejumlah data yang diminta seperti nomor handphone, passcode, nomor Ref ID dan nominal.

Sedangkan fitur Augmented Reality yang ditujukan untuk memanjakan nasabah dan pengguna kartu kredit Danamon yang memiliki hobi berbelanja atau wisata kuliner. Hal itu karena fitur ini akan menampilkan informasi mengenai promo-promo dari Bank Danamon yang bekerja sama dengan sejumlah toko-toko tertentu ataupun promo di restoran-restoran yang berada di radius lima kilometer dari pengguna D-Mobile.

Selain itu, fitur Augmented Reality  juga ditujukan bagi nasabah yang ingin mengetahui lokasi ATM dan cabang Danamon terdekat. Proses pencariannya adalah melalui pemindaian (scanning) dengan menggunakan kamera pada smartphone.

Menurut Djamin Nainggolan, Consumer Lending and Alternative Channel head menegaskan bahwa layanan D-Mobile merupakan salah satu langkah Bank Danamon dalam menyukseskan Gerakan Nasional Non Tunai untuk terciptanya less cash society.

D-Mobile dapat digunakan pada platform/OS tipe iOS, Android dan Blackberry. Aplikasi ini juga dapat diunduh secara gratis melalui Apple App Store (iPhone), Google Play Store (Android phone) dan Blackberry App World (Blackberry). Dalam segi keamanan, D-Mobile menggunakan User ID dan Password untuk dapat log-in/akses ke dalam menu transaksi dan menggunakan mPIN untuk otorisasi setiap transaksi yang dilakukan serta adanya notifikasi transaksi yang tersimpan di inbox dan juga dikirimkan ke email nasabah.
Add to Cart

0 komentar:

Posting Komentar