hit counter


Jumat, 12 Desember 2014

Agar Hemat, Coba Jurus Manajemen Kulkas

 Agar Hemat, Coba Jurus Manajemen Kulkas 

Agar Hemat, Coba Jurus Manajemen Kulkas
Image by : Istimewa
Bagi banyak orang, kulkas, terutama bagian freezer, kerap di anggap sebagai gudang. Pasalnya, selepas berbelanja, daging, sosis, nugget, udang, dan sebagainya, langsung dimasukkan ke dalam freezer karena khawatir lekas membusuk.

Tidak salah, sih. Tapi, saat hendak digunakan, yang dikeluarkan cenderung apa yang berada pada sisi terluar freezer. Sementara pada sisi dalamnya, wallahualam.

Maka tidak heran, bila Anda mendapati berkantong-kantong nugget atau sosis yang kelewat masa kedaluwarsanya lantaran berada di bagian paling dalam freezer. Ujung-ujungnya pemborosan.

Itu sebabnya, tak ada salahnya bila Anda menerapkan teori FIFO alias First In First Out. FIFO adalah sistematika kerja yang mengatur apa yang dimasukkan pada awal, harus keluar awal pula. Ini bukan hal yang baru bagi mereka yang bekerja di bidang inventory, tapi mungkin penerapannya di rumah tangga terasa kurang familiar.

Dengan sistem ini, Anda dapat menghindarkan barang rusak karena terlalu lama disimpan, dan menghindari pemborosan keuangan. Nah, inilah yang kerap disebut sebagai manajemen kulkas.

Beri label atau tanda tanggal pembelian. Anda dapat menggunakan kantong plastik khusus yang memiliki label, atau cukup dengan menggunakan kantong bening biasa dan spidol anti hapus, untuk memberi informasi tanggal pembelian.

Buat pembagian area kulkas. Kalau sayur sudah memiliki rak sayur tersendiri pada kulkas, takada salahnya bila Anda juga membagi freezer menjadi beberapa bagian: daging, seafood, makanan kemasan. Beri label pada bagian-bagian tersebut, atau gunakan wadah khusus yang berbeda warna.

Sistematika tumpukan. Agar Anda dapat menjalankan FIFO, Anda harus membuat aturan ketat mengenai tumpukan makanan, yaitu mengatur agar makanan yang tanggalnya paling lama, berada di tumpukan paling mudah diambil. Anda harus berdisiplin, dan selalu mengatur setiap ada belanjaan baru datang.
Add to Cart

0 komentar:

Posting Komentar