hit counter


Jumat, 12 Desember 2014

Belajar Keuangan dari Selebriti

Belajar Keuangan dari Selebriti 

Belajar Keuangan dari Selebriti
Image by : Istimewa
Selebriti selalu menjadi sorotan publik dan menjadi berita utama media, apa pun yang mereka kerjakan atau tidak kerjakan, termasuk masalah keuangan yang mereka hadapi.

Namun dari mereka pula kita dapat menarik pelajaran berharga tentang perencanaan keuangan.

Bayar pajak. Bila kita berbicara soal pajak, pengembalian pajak, bahkan menghindari pajak, nama-nama selebriti, seperti Willie Nelson, Leona Helmsley, Marc Anthony, Richard Hatch, adalah beberapa nama yang muncul dalam ingatan. Walaupun di Indonesia belum seberapa ketat, tetapi ungkapan: hanya ada dua hal yang pasti, yaitu kematian dan pajak, sudah sangat umum di negara-negara maju, seperti AS. Artinya, Anda memang harus melaporkan harta Anda pada masa yang telah ditetapkan, dan jangan abai kalau Anda diwajibkan untuk membayar.

Mengetahui untuk apa uang Anda digunakan. Aktris Uma Thurman pernah ditipu jutaan dolar AS oleh penasihat keuangan Kenneth Star. Sementara itu penyanyi Billy Joel menuntut uang ganti rugi sebesar 90 juta dolar AS terhadap mantan manajernya, dengan tuduhan penggelapan uang dan memanfaatkan dirinya sebagai ‘bank. Intinya, jangan pernah memercayakan uang Anda kepada orang lain, entah broker saham, penasihat keuangan, diler mobil, bahkan pemberi kredit Anda, tanpa melalui proses due diligence yang seharusnya.

Hidup nyaman. Banyak yang menyalahartikan bahwa hidup nyaman berarti rumah yang besar dan berisi barang mewah. Dan inilah yang kerap membuat para selebriti bermasalah bertahun-tahun. Mereka yang di ujung kebangkrutan karena hal itu adalah Nicholas Cage, Nadya Suleman dan beberapa pemeran film Real Housewives. Ingat, bahwa biaya rumah tidak boleh melebihi 25-28 persen penghasilan bulanan Anda.

Sebelum menikah, lindungi harta Anda. Mantan pemain band legendaris The Beatles, penyanyi dan pencipta lagu, Paul McCartney, tidak memiliki perjanjian pra-nikah ketika menikahi Heather Mills. Dan ketika bercerai pada 1998, itu adalah salah satu perceraian termahal yang pernah tercatat: 50 juta dolar AS. Anda mungkin tidak punya uang sebesar itu, tetapi perjajian pra-nikah bukan hanya untuk orang kaya dan terkenal. Faktanya, mulai banyak orang – dari berbagai tingkat penghasilan -  membuat perjanjian pra-nikah untuk melindungi uang yang mereka dapatkan dengan susah payah.

Memperbarui surat wasiat. Almarhum Heath Ledger dilaporkan mempunyai surat wasiat ketika dia meninggal, tetapi ditulis tiga tahun sebelum putrinya, Matilda , lahir.  Jadi, putri kandungnya sendiri tidak mendapatkan warisan. Perbarui, perbarui dan perbarui, terutama bila terjadi perubahan besar dalam hidup, seperti pernikahan, perceraian atau kelahiran anggota keluarga baru.
Add to Cart

0 komentar:

Posting Komentar