hit counter


Minggu, 14 Desember 2014

Cermati Biaya Bank Terselubung

Cermati Biaya Bank Terselubung  

Cermati Biaya Bank Terselubung
Image by : Feminagroup
Ternyata masih banyak nasabah bank yang belum paham atau menyadari biaya yang timbul dari transaksi perbankan yang dilakukan.

Hal itu karena nasabah enggan mencari tahu, atau justru pihak bank yang menyamarkannya dalam bentuk tulisan "Ketentuan Berlaku" dengan ukuran huruf sangat amat kecil pada brosur.

Ketidakpahaman itu memang berpotensi menimbulkan konflik antara pihak bank dan nasabahnya, yang menolak melakukan pembayaran biaya karena dianggap terselubung, bukan menipu.

Biaya transaksi, atau dikenal dalam istilah perbankan sebagai fee based income, memang kerap dikenakan bank pada transaksi layanan publik, seperti rekening listrik, air, gas dan telepon. Jadi, begitu Anda mengaktifkan layanan tersebut, bank akan mengenakanan biaya per transaksi. Lantaran fee based income itu mutlak merupakan kebijakan masing-masing bank, maka besarnya pun bervariasi. Nah, bila Anda merupakan nasabah lebih dari satu bank, Anda wajib ngeh dengan perbedaan biaya yang harus dikeluarkan.

Selain itu, ada pula bank yang mengenakan biaya bagi layanan perbankan non-konvensional, seperti mobile atau SMS banking untuk transfer, cek saldo, pembayaran dan info tagihan, serta e-banking. Bahkan layanan populer, seperti ATM, pun tak terlepas dari biaya, baik bulanan atau tahunan.

Untuk itu, sebelum mulai mengaktifkan fitur layanan perbankan, seyogyanya Anda berkonsultasi dengan customer service. Mintalah penjelasan secara gamblang tentang biaya yang timbul atau transaksi. Begitu pula bila Anda mendapat tawaran layanan perbankan ekstra via SMS atau brosur.

Tak sempat ke kantor bank? Jangan malas mencari tahu lewat website, atau hubungi call centre yang tersedia.
Add to Cart

0 komentar:

Posting Komentar