hit counter


Jumat, 12 Desember 2014

Menabung (Tidak) Susah

Menabung (Tidak) Susah 

Menabung (Tidak) Susah
Image by : Fotosearch
Duh, menabung, kok, susah banget, ya? Begitu celetukan yang semakin sering dilontarkan orang. Apa yang salah?

Menurut Stephen Brobeck, direktur eksekutif Consumer Federation of America, penyebab kegagalan keluarga berpenghasilan menengah untuk menabung lebih karena mereka tidak yakin memiliki jumlah uang yang signifikan untuk menabung secara efektif. Padahal, menabung dalam jumlah kecil juga efektif.

“Misalnya, mulai dengan mengumpulkan uang kembalian. Jangan kaget kalau Anda ternyata jumlah uang kembalian tersebut lumayan besar,” ujar Stephen.

Selain itu, sadari bahwa proses menabung merupakan penyembuhan. Dengan menabung, Anda akan merasa lebih baik – sebagai individu, pasangan maupun orang tua. Pasalnya, Anda tahu telah menyisihkan sesuatu demi masa depan. “Anda melakukan pengorbanan jangka pendek, namun menikmatinya di masa depan,” tegas Stephen.

Beri tahu juga teman dan keluarga tentang niat Anda untuk menabung, sebagai salah satu cara mendisiplinkan diri. Jadi saat Anda hendak berbelanja, mereka dapat mengingatkan kembali niat Anda itu. Tentu Anda harus berjanji kepada diri sendiri untuk tidak merasa kesal bila diingatkan mereka.
Add to Cart

0 komentar:

Posting Komentar