hit counter


Selasa, 09 Desember 2014

Mengenal Aset Anda

Mengenal Aset Anda 

Mengenal Aset Anda
Image by : istimewa
Permasalahan keuangan pribadi yang seringkali terjadi adalah kurangnya aset lancar atau aset yang mudah dicairkan atau digunakan, seperti tabungan, deposito, dan sebagainya, yang dimiliki seseorang.

Permasalahan juga timbul bila seseorang hanya memiliki sedikit, bahkan tidak sama sekali aset investasi atau aset seperti logam mulia, obligasi atau surat hutang, saham, reksadana, properti, dan lain-lain, yang nilainya meningkat seiring waktu. Keadaan semakin runyam bila ternyata total kewajiban atau hutang melebihi 50 persen dari total aset yang dimiliki.

Hal itu karena kebanyakan orang hanya fokus pada pada aset guna seperti rumah yang ditinggali dan mobil, atau sepeda motor, dan mengabaikan aset lancar. Padahal aset lancar memiliki banyak kegunaan. Misalnya bila tiba keadaan darurat alias berfungsi sebagai dana darurat. Pasalnya, tanpa tersedia aset lancar yang cukup, yang kerap timbul dalam keadaan darurat adalah Anda terpaksa mengambil hutang yang bersifat konsumtif. Ini dapat sangat mengganggu arus kas keluarga.

Selain sebagai dana darurat, aset lancar juga berguna untuk tujuan-tujuan keuangan jangka pendek, yaitu antara 1 sampai 2 tahun, seperti membayar uang pangkal sekolah anak.

Sementara itu, aset investasi penting ditingkatkan dengan investasi rutin baik bulanan atau tahunan, demi mencapai tujuan-tujuan keuangan jangka menengah dan panjang. Dana pensiun atau dana pendidikan anak untuk kuliah bisa dipersiapkan dengan memulai investasi di produk-produk investasi yang benar.

Jadi, mulailah mengenal aset-aset yang Anda miliki.
Add to Cart

0 komentar:

Posting Komentar