hit counter


Sabtu, 27 Desember 2014

Tip Kelola THR

Tip Kelola THR 

Tip Kelola THR
Image by : Istimewa
Sebentar lagi Tunjangan Hari Raya alias THR akan segera masuk ke rekening para karyawan. Bahagia? Tentu. Senang? Pasti. Bisa mengelola? Belum tentu.

Menurut Prita Ghozie, perencana keuangan dari ZAP Finance, ada tiga tipe penerima THR, yaitu mereka yang THR-nya selalu habis tak bersisa, yang THR-nya bersisa dan yang THRnya kurang dan terpaksa berutang.

“THR bersisa, sih, bagus. Tetapi THR sebaiknya habis tak bersisa. Karena itulah hakekat dari THR, untuk dihabiskan,” ujar Prita dalam peluncuran Brighter Life Indonesia, inisiatif media sosial dari Sun Life Financial Indonesia. “Tetapi dihabiskan untuk apa, itu yang terpenting. Sementara bagi mereka yang THR-nya kurang dan malah berutang, harap segera insaf.”

Untuk itu Prita mengingatkan bahwa sebaiknya THR digunakan untuk hal-hal di bawah ini:

Zakat. Gunakan THR untuk membayar Zakat Fitrah. “Ingat, zakat fitrah itu dihitung perkepala alias setiap anggota keluarga,” jelas Prita. “Selain itu gunakan juga untuk membayar Zakat Mal dan Zakat Profesi.”
Assurance. Sisihkan THR sebanyak 10 persen untuk menambah dana darurat yang sudah Anda miliki.
Present Consumption. Ingat prinsip ini: Gaji untuk pengeluaran rutin, THR untuk pengeluaran Idul Fitri maupun Idul Adha. “Saat Idul Adha, Anda, kan, nggak terima THR,” ungkap Prita. “Jadi daripada mengganggu cashflow atau dari gaji, lebih baik Anda sisihkan sejak sekarang sebesar 50 persen.”
Future Spending. Alias tabung sekarang untuk beli di masa depan. “Misalnya Anda akan liburan, jangan uang THR dipakai langsung. Lebih baik Anda tabung 10 persen, lalu gunakan kelak,” jelas Prita, yang juga digandeng oleh Brighter Life Indonesia untuk berbagi pengalaman dan keahliannya dalam bidang pengelolaan uang. “Hal serupa juga bisa digunakan bila Anda ingin beli perabotan rumah tangga. Jadi, rencanakan pembelian di masa depan.”
Investment. Hari gini nggak investasi? Sisihkan 10 persen dari THR.

Jadi, sudah siap menghabiskan THR?
Add to Cart

0 komentar:

Posting Komentar