hit counter


Sabtu, 27 Desember 2014

Sisi Menarik Deposito

Sisi Menarik Deposito 

Sisi Menarik Deposito
Image by : Istimewa
Di tengah gegap gempita berinvestasi yang melanda banyak kalangan di Indonesia, ternyata Anda juga tetap harus menyimpan dana segar yang siap digunakan setiap saat. Tabungan di bank adalah salah satu metode penyimpanan uang yang paling lazim dikenal. Metode penyimpanan lain adalah deposito.
Deposito dikenal memiliki tawaran suku bunga yang lebih baik daripada tabungan umum di bank. Ini adalah metode penyimpanan sekaligus investasi yang paling memberikan keamanan bagi nasabah. Pasalnya, sejak awal pihak perbankan sudah menetapkan suku bunga imbal balik, yang pada saat masa kontrak berakhir nasabah akan mendapatkan uang plus bunga seperti yang sudah dijanjikan. Sehingga nasabah sejak awal sudah bisa memperkirakan berapa besar uang yang bakal dia terima di akhir kontrak.

Selain itu, deposito juga terbilang sangat aman karena dilindungi oleh ketentuan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Artinya, uang yang Anda simpan di deposito akan tetap aman sekalipun bank tempat Anda menyimpan dana deposito bangkrut. Jumlah tabungan maksimal yang dijamin adalah Rp2 miliar. Karena itu, pastikan dana Anda selalu di bawah Rp2 miliar dalam satu deposito.

Keunikan dari deposito adalah uang yang disimpan di deposito tidak dapat ditarik selama kurun waktu tertentu. Ada berbagai pilihan jangka waktu penyimpanan yang bisa Anda pilih, yang bervariasi mulai dari sebulan, dua bulan, tiga bulan, enam bulan, 12 bulan, atau dua tahun. Jika memaksa untuk menarik dana deposito, maka Anda akan dikenakan penalti dan keuntungan dari bunga deposito akan dibatalkan.

Hal ini bagi sejumlah orang bisa berarti kekurangan, karena tidak fleksibel di saat membutuhkan dana. Namun bagi orang lain menjadi kelebihan karena selama jangka waktu tersebut tidak tergoda untuk mencairkan uang, alias tidak seperti menabung konvensional yang bisa membuat Anda sesuka hati menarik uang.

Patut diingat bahwa suku bunga yang ditawarkan masing-masing jangka waktu tentu berbeda-beda. Deposito jangka waktu sebulan menawarkan suku bunga paling kecil, sementara yang jangka waktu 12 bulan dan lebih menawarkan suku bunga lebih tinggi.

Hal menarik lain dari deposito adalah deposito yang Anda miliki bisa digunakan sebagai jaminan kredit. Tentu saja kredit yang Anda peroleh nilainya di bawah dari nilai deposito Anda, namun tetap saja hal tersebut bisa membantu di kala kondisi darurat.
Add to Cart

0 komentar:

Posting Komentar