hit counter


Jumat, 05 Desember 2014

Perencana Keuangan: Tak Kenal Maka Tak Sayang

 Perencana Keuangan: Tak Kenal Maka Tak Sayang 

Perencana Keuangan: Tak Kenal Maka Tak Sayang
Image by : Istimewa
Anda mungkin sering mendengar, atau bahkan sudah menggunakan jasanya. Namun, tahukah Anda awal mula profesi Perencana Keuangan?

Profesi perencana keuangan dimulai pada 1969 ketika Loren Dutton bersama 13 orang rekannya mengadakan pertemuan di Chicago O’Hare Airport  yang kemudian mendirikan International Association for Financial Planning.

Organisasi ini yang kemudian berkembang dan memberikan wadah bagi pelaku profesional pada bidang perencana keuangan yang kini telah menjadi suatu profesi berprospek menjanjikan di seluruh dunia.

Di Indonesia, banyak versi kemunculan profesi profesi perencana keuangan. Menurut  PT Zapfindo Arzieta Perdana atau biasa disebut ZAP Finance (www.zapfinance.co.id), perusahaan perencana keuangan yang baru saja merayakan ulang tahun ke empat, profesi ini pertama kali hadir dan mulai berkembang pesat ketika berdirinya Institute Financial Planning Indonesia pada 2001.

Agar berkembang lebih baik, pada 2007 profesi perencana keuangan ini mendapatkan pengawasan dari Financial Planning Standards Board Indonesia yang disahkan langsung oleh Financial Planning Standards Board International, Denver, AS, dengan pemberlakuan sertifikasi bagi pelaku perencana keuangan profesional yang disebut dengan Certified Financial Planner (CFP).

Jadi, bila kelak Anda membutuhkan jasa perencana keuangan, jangan pilih yang abal-abal atau bahkan yang bermodal nekat alias tanpa gelar. Cari yang memiliki sertifikasi CFP, karena mereka setidaknya telah lulus dari proses sertifikasi.
Add to Cart

0 komentar:

Posting Komentar