hit counter


Selasa, 09 Desember 2014

Dana Darurat itu Penting!

Dana Darurat itu Penting! 

Dana Darurat itu Penting!
Image by : Istimewa
Sedia payung sebelum hujan. Peribahasa tersebut memang cocok Anda terapkan dalam kehidupan, misalnya dengan mempersiapkan dana darurat bagi keluarga.
 

Dana darurat adalah sejumlah dana yang disiapkan secara khusus, untuk mengatasi kebutuhan yang bersifat urgent. Misalnya, pemenuhan kebutuhan biaya pengobatan saat sakit, atau terjadi kecelakaan, kehilangan pekerjaan dan kebutuhan darurat lain. Dengan tersedianya dana darurat, Anda tak perlu harus melepaskan aset atau menjual investasi, hanya untuk memenuhi kebutuhan biaya yang harus ditanggung.

Besar atau kecil dana darurat tentu beragam, tergantung kepada banyak hal. Misalnya, apakah Anda berstatus lajang atau berkeluarga. Bila lajang, dana darurat untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari cukup tiga bulan, sementara kalau berkeluarga, dengan 1-2 tanggungan, 6-9 bulan. Jumlah anak atau tanggungan pasti turut berpengaruh dalam besar dana darurat.

Penyimpanan dana darurat juga penting. Karena karakter kedaruratan pasti berhubungan dengan yang serba mendadak, maka dana tersebut harus disimpan pada tempat yang mudah, cepat dan aman. Misalnya, di tabungan atau deposito. Kalau Anda tetap ingin mendapatkan return – dengan menjadikan dana darurat sebagai investasi, simpan saja pada reksadana pasar uang atau logam mulia.
Add to Cart

0 komentar:

Posting Komentar